Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya, kita udah sempat membahas mengenai pertumbuhan primer dan sekunder. Namun apa bila kalian masih belum mengerti tentang kedua pertumbuhan tersebut, artikel ini merupakan artikel pelengkap. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder.

Sebenernya apa sih perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder? Berikut ini uraian mengenai perbedaan tersebut yang telah admin tulis untuk kalian :

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Gambar Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan
gambar perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

A. Penyebab pertumbuhan

1. Pertumbuhan primer

Pertumbuhan ini terjadi karena adanya proses aktivirt sel atau jaringan meristem primer yang terdapat pada daerah titik tumbuh yang utama, yaitu pada bagian ujung batang dan ujung akar tanaman

2. Pertumbuhan Sekunder

Nah kalau pertumbuhan sekunder itu dari adanya aktivitas jaringan meristem sekunder. Jaringan meristem sekunder terdapat pada kambium dan kambium gas. Jadi Kambium ini bisa disebut titik tumbuh sekunder yang membentuk xilem dan floem sekunder pada tumbuhan. Pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada tumbuhan dikoktil dan Gymnospemae.

B. Dari ciri-cirinya

Ciri-cirinya akan terlihat dari proses terbentuknya embrio pada pertumbuhan primer. Proses terbentuknya embrio ini akan terjadi adanya proses mitosis yang terjadi dalam tumbuhan. Proses mitosis atau pembelahan sel yang menghasilkan sel baru yang ada di dalam tumbuhan.

Proses lanjutnya setelah muncul embrio yaitu biji yang memiliki sel embrio ini akan membentuk akar dari ujung akar tumbuhan. Pertumbuhan primer akan berkembang sedangkan pertumbuhan sekunder hanya diameter batangnya saja yang bertambah besar.

Singkatnya

1. Ciri-ciri pertumbuhan primer :

  • Terbentuknya embrio.
  • Tumbuhnya Akar dari ujung akar.
  • Tumbuhnya batang dari ujung batang.
  • Pertumbuhan primer menyebabkan batang dan akar bertambah panjang.

2. Ciri-ciri pertumbuhan sekunder :

  • Diameter batang membesar

 

Referensi
http://caramembedakan.blogspot.co.id/2016/04/perbedaan-pertumbuhan-primer-dan.html

Jika kamu pernah mengamati tumbuhan, pertumbuhan primer dan sekunder diatas terjadi pada semua tumbuhan dikotil dan monokotil. Gimana, udah paham gak tentang perbedaan pertumbuhan primer ama sekunder pada tumbuhan? Semoga kamu paham dengan materi pelengkap hari ini ya. Jangan lupa share artikel ini ya, supaya yang lain tau perbedaan yang sebenernya.

Kata kunci materi:

,perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder,,perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,jelaskan perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder,,perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder,,jelaskan perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder,,perbedaan pertumbuhan sekunder dan primer,,tabel perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder,,jelaskan pertumbuhan primer dan sekunder,,pertumbuhan sekunder dan primer,,perbedaan tumbuhan primer dan sekunder,,ciri ciri pertumbuhan sekunder,,pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder,,pengertian pertumbuhan sekunder,,perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder,,jelaskan perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder,,contoh pertumbuhan primer dan sekunder,,Perbedaan pertumbuhan sekunder dan primer pada tumbuhan,,perbedaan antara pertumbuhan primer dan sekunder,,perbedaan pertumbuhan primer dan skunder,,Jelaskan perbedaan antara pertumbuhan primer dan sekunder,,perbedaan primer dan sekunder,,contoh pertumbuhan primer,,perbedaan pertumbuhan primer,,perbedaan antara pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,ciri pertumbuhan sekunder,,ciri ciri pertumbuhan primer dan sekunder,,apa perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder,,pertumbuhan sekunder tumbuhan,,ciri-ciri pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,pengertian pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *