Penjelasan Lengkap Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Diposting pada

Kalian sering nggak mengamati tumbuhan? Mungkin jarang ya, kayaknya kurang kerjaan banget kalau kita hanya iseng mengamati tumbuhan, apa lagi kalau kita mengamati pertumbuhan mereka. Menurut pandangan kita sebagai manusia yang sudah terbiasa dengan hal-hal yang relatif cepat, mungkin pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan terlihat lambat dan perlahan.

Jika kita amati secara detail, maka setiap harinya akan ada pertumbuhan yang terjadi, mesikupun hanya sedikit perubahan. Untuk bisa mengukur seberapa cepat pertumbuhan tanaman, kita dapat menggunakan alat (auksanometer).

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berjalan secara simultan yang artinya keduanya saling mendukung atau menguntungkan untuk mencapai tingkat kedewasaan. Pertumbuhan ini terjadi karena adanya aktivitas pada daerah titik tumbuh. Titik tumbuh ini merupakan daerah atau bagian pada tumbuhan yang dapat mengalami pertambahan panjang lebih cepat dari bagian lainnya.

Tahap atau Jenis Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Berdasar asal meristemnya, pertumbuhan ini dibedakan menjadi dua yaitu :

Gambar pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan
Gambar pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

 

1. Pertumbuhan primer

Aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem primer. Jaringan meristem primer ini terletak pada daerah titik tumbuh primer yaitu ujung akar dan ujung batang. Dan jaringan meristem terdapat bagian atau titik yang aktif membelah.

Ada dua hal yang memungkinkan tumbuhan bertambah tinggi dan bertambah besar yaitu :

  • Pembelahan mitosis pada meristem di titik tumbuh primer dan skunder yang menghasilkan pertambahan jumlah sel.
  • Pertambahan komponen-komponen seluler dan diferensiasi sel

Ada 3 bagian titik tumbuh primer pada akar yaitu:

  • Daerah pembelahan sel (cleavage)
  • Daerah pemanjangan (elongasi)
  • Daerah pendewasaan (diferensiasi)

Fungsi ujung akar yang terdapat tudung akar (kaliptra) yaitu untuk mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah di sekitar titik pertumbuhan dan melindungai daerah meristem akar. Pertumbuhan primer juga terjadi pada waktu embrional yaitu ketika zigot tumbuh menjadi embrio atau lembaga di dalam biji.

Ada 3 daerah yang menjari bagian dari pertumbuhan primer pada tahap embrional yaitu tunas embrionik, akar embrionik, dan kotiledon yang merupakan hasil dari perkembangan biji.

 

2. Pertumbuhan sekunder

Pertumbuhan yang terjadi akibat adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yang terdapat pada tumbuhan, Tumbuhan dikotil, jaringan meristem sekunder berupa kambium dan kambium gabus pada tumbuhan.

Untuk monokotil, hanya sebagian yang mengalami pertumbuhan sekunder atau pertambahan diameter batang yaitu golongan palem-paleman.

Jaringan kambium ini membelah secara mitosis. Sel-sel kambiumnya yang ada pada batang akan membelah ke arah dalam dan ke arah luar. Ketika sel ini membelah ke arah dalam maka akan terbentuk xilem dan jika sel kambium membelah ke arah luar, maka akan terbentuknya floem. Walaupun membelah ke dalam dan ke luar, jaringan kambium ini tetap mempertahankan keberadaanya.

 

Ada dua macam kambium yaitu :

Kambium Vaskuler dan Kambium Gabus.
kambium ini terletak di antara berkas pengangkut (xilem dan floem) dan membentuk lingkaran di batang dan akar. Kambium ini membelah ke arah dalam dan luar membentuk xilem dan floem sekunder. Ke dalam menghasilkan unsur kayu. Pertumbuhan kambium vaskuler ini membentuk formasi lingkaran tahun.

Pada musim dingin dan gugur akan terjadi peristiwa dorma. Dorman adalah kondisi istirahat atau tanpa gerakan dengan cara memperlambat metabolisme.

Pada musim panas, pembuluh xilem ini berukuran kecil. Perbedaan ini yang menghasilkan formasi lingkaran tahun yang apat digunakan untuk menentukan usia tanaman.

Pertumbuhan paling cepat berada di ujung batang. Pertumbuhan pada batang terletak di ujung batang dengan pembagian yang berbeda. Proses pemanjangan batang pada tumbuhan dikotil secara umum terjadi melalui pertumbuhan antara ruas yang tua di bawah ujung batang.

Referensi :
http://biologismpitjuwana.blogspot.co.id/2012/07/pertumbuhan-primer-dan-pertumbuhan.html
http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2015/08/pertumbuhan-primer-dan-sekunder.html

 

Kata kunci materi:

,pertumbuhan primer dan sekunder,,pertumbuhan sekunder,,pertumbuhan primer,,pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,pengertian pertumbuhan primer dan sekunder,,pertumbuhan sekunder pada tumbuhan,,pengertian pertumbuhan primer,,pertumbuhan primer pada tumbuhan,,pertumbuhan sekunder adalah,,pengertian pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dan contohnya,,pengertian pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,pertumbuhan primer adalah,,pertumbuhan primer dan sekunder tumbuhan,,pertumbuhan primer tumbuhan,,pertumbuhan sekunder pada batang,,pertumbuhan primer pada batang,,pertumbuhan primer sekunder,,pertumbuhan pri,,jelaskan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,tumbuhan yang mengalami pertumbuhan sekunder,,jelaskan pertumbuhan primer,,https://masterbiologi com/pertumbuhan-primer-dan-sekunder/,,pertumbuhan primer pada akar,,jelaskan terjadinya pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan,,Pertumbuhan primer dan,,tumbuhan yang mengalami pertumbuhan primer,,pertumbuhan primer dan skunder,,pertumbuhan sekunder dan primer pada tumbuhan,,tumbuhan primer,,contoh tumbuhan yang mengalami pertumbuhan primer

One thought on “Penjelasan Lengkap Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *